Laman

Monday, February 14, 2011

Statistika, Yukk kenalan!!

STATISTIKA

Kalau mendengar kata statistika pasti yang ada dikepala kita udh muncul angka-angka, grafik, tabel - tabel diagram dan sebagainya. Tapi disini aku mau sharing sama kalian tentang pengetahuan yang aku dapet tentang statistika.Semoga bisa bantu - bantu kalian yah..:)

Pertama-tama, apa itu statistika?
Sebenarnya definisi statistika tuh banyak banget.Dan ini adalah salah satu definisi statistika secara umum adalah suatu ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan kegiatan mengumpulkan, mengorganisir, mempresentasikan, menganalisis serta menginterprestasikan data dengan tujuan untuk membantu di dalam pengambilan keputusan yang lebih efektif (Lind, 2000)

Nah dari definisi itu kita bisa simpulkan kalau setiap jenis pekerjaan pasti membutuhkan statistika.Yang paling gampang kita ambil contohnya adalah masalah bisnis dan ekonomi.Contohnya dalam bidang:
- Akuntansi, perusahaan akuntan publik menggunakan prosedur pengambilan sampling statistik pada saat mengaudit klien mereka.
- Finance, konsultan keuangan menggunakan statistik untuk memandu rekomendasi investasi mereka
- Marketing, menggunakan statistik dalam marketing research(pengumpulan data)
- Production, untuk memonitor output dalam proses produksi
- Economics, membuat prediksi tentang kondisi perekonomian pada masa yang akan datang dan aspek - aspek yang mempengaruhinya.

Kalau bicara soal statistik, pasti gak ketinggalan dengan yang namanya DATA.Tanpa data gak akan ada namanya statistik..haha..:D Data itu adalah fakta - fakta dan gambaran - gambaran yang dikumpulkan, diringkas, di analisis dan diinterpretasikan. Data yang di gunakan untuk statistik itu gak boleh data sembarangan yang di ambil tidak berdasarkan dasar yang real.Maka dari itu ini dia syarat - syarat data yang baik yaitu data harus:
- Objektif yaitu sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
- Representatif/mewakili yaitu data harus mewakili objek yang diamati.Tidak boleh diambil berdasarkan satu kategori dari populasi saja tapi lebih gampangnya data harus diambil secara acak sehingga tidak mewakili kelompok/golongan tertentu saja.
- Kesalahan sampling kecil yaitu dengan kata lain harus memiliki ketelitian yang tinggi sehingga gak ada kesalahan dalam sampling.
- Tepat waktu
- Relevan yaitu harus ada hubungannya dengan masalah yang akan dipecahkan.

Hanya untuk menambah pengetahuan kamu, data dibagi kedalam beberapa kategori yaitu:
- Menurut sifatnya

  • Data Kualitatif yaitu data berbentuk non-angka (nonnumeris))
  • Data Kuantitatif yaitu data yang berbentuk angka.

- Menurut sumbernya

  • Data Eksternal, yaitu data yang diambil/bersumber dari luar suatu organisasi.
  • Data Internal, yaitu data yang diambil/bersumber dari keadaan atau kegiatan suatu organisasi atau kelompok.

- Menurut Cara memperolehnya

  • Primer yaitu data yang dikumpulkan dan diolah sendiri oleh suatu organisasi atau perorangan langsung dari objeknya.
  • Sekunder yaitu data yang diperoleh dalam bentuk jadi dan telah diolah oleh pihak lain yang biasanya dalam bentuk publikasi(Contoh: BPS, LIPI, KPU, BI)

- Menurut waktu pengumpulan

  • Cross section yaitu data yang dikumpulkan dalam suatu periode tertentu, biasanya menggambarkan keadaan atau kegiatan dalam periode tersebut. Contoh: Sensus penduduk tahun 1990 menurut umur, jenis kelamain, agama, tingkat pendidikan.
  • Time series yaitu data yang dikumpulkan dari waktu ke waktu (antar periode). Contoh: Harga saham PT X dari tahun 2000 - 2010.

Selain mengenal data kita juga harus tau tentang variable.Variable di kelompokan menjadi:

- Variable bebas (Independent variable), yaitu variable yang nilainya mempengaruhi perilaku dari variable terikat.

- Variable Terikat (Dependent variable), yaitu variable yang perilaku dari variablenya dipengaruhi oleh variable lain.

- Variable Moderating, yaitu variable yang mempengaruhi hubungan antara variable terikat dan variable bebas.

- Variable Intervening, yaitu variable yang berada di antara variable independent dan variable dependent.

Skala pengukuran variable dapat di bagi menjadi 4 yaitu; NOMINAL, ORDINAL, INTERVAL dan RASIO.

NOMINAL : yang termasuk data kualitatif.

ORDINAL : selain berfungsi sebgai nominal juga menunjukan urutan dan jarak tidak sama. Contohnya: Tingkatan Pendidikan (TK-SD-SMP-SMA)

INTERVAL : menunjukan jarak yang sama dan tidak mempunyai titik nol. Contoh: Rating Penilaian (1=Sangat Puas, 2= Puas, 3=Kurang Puas, 4=Tidak Puas)

RASIO : yang termasuk data kuantitatif

Nah itu dia perkenalan kita dengan yang namanya Statistika. Yang diatas ini aku kutip/rangkum dari buku Statistik Teori dan Aplikasi edisi ketujuh yang pengarangnya J.Supranto. Semoga ini bisa membantu kalian memahami apa itu statistik, karena mungkin bagi temen - temen yang masih berseragam putih-merah, putih - biru dan putih - abu2 pernah dengar tentang statistik tapi belom kenal siapa itu statistik?*LOHH??!?!*

Semoga bermanfaat..Jangan lupa follow my blog yah..haha..:)

No comments:

Post a Comment