Laman

Welcome to my blog

Thank you for visiting my blog!! Give ur responses & ENJOY yourself!! :)



Sunday, May 27, 2012

Bisnis yang berhubungan dengan CRM


TUGAS MPL
NIM : 201060070

How Do You Know Your Customer Is Important To Your Services?
  
(Vibizmanagement - Services) - Pelanggan adalah Raja merupakan sebuah  ungkapan lama yang sampai saat ini kelihatannya masih sangat relevan.  Coba Anda bayangkan  bagaimana  suatu perusahaan dapat bertahan  menjalankan  bisnisnya  tanpa  pelanggan ?  Padahal  kita tahu  bahwa  setiap  produk  atau  jasa  yang dibuat  dan dipasarkan  oleh  suatu  perusahaan  itu  ditujukan  untuk  memenuhi  kebutuhan  orang  lain atau perusahaan  lain  yang  kita sebut  pelanggan. Jadi  Pelanggan  Anda  adalah  individu  atau  bisnis yang  membeli  barang  atau  jasa.  Jika  anda  tidak  tahu   siapa  pelanggan  Anda,  Anda  tidak  akan  tahu  bagaimana  memberi  tahu  mereka  tentang   produk  atau  layanan  anda.  Anda   dapat  saja  membuang-buang  uang dengan  memasang  iklan  produk  atau  layanan  anda  1  halalman  penuh  di media  cetak  yang  salah  atau  dengan   memasang  billboard  di  jalan  tol  yang  kurang  strategis di  kota  atau  juga  Anda  salah  menilai  harga  pelanggan  Anda  yang  bersedia membayar   lebih  banyak.   Mengenali  pelanggan  harus  menjadi  kunci  penting  keberhasilan  suatu  bisnis  suatu  perusahaan.

Dimanakah  Pelanggan  berada?

Yang  pertama dan  terpenting,  anda  perlu  mencari  tahu  apakah   pelanggan  potensial  benar-benar  ada.  Ada  beberapa  cara  yang  dapat Anda  lakukakn  untuk  menentukan  apakah  pelanggan  Anda  sungguh-sungguh  nyata  yaitu  dengan mulai  melakukan  riset  pasar  dasar,  survey  pelanggan,  pengambilan sampel,  pengujian  atau  interview  khusus  pada  pelanggan  khusus.  Atau  Anda  dapat  mulai  melakukan   pengujian kecil di kalangan masyarakat  kecil  untuk melihat  respon  terhadap  penawaran  Anda.  McDonald’s  melakukan  hal  in  sepanjang  waktu  menawarkan  sandwich  khusus  baru  disejumlah  restoran  yang dipilih  untuk  mengukur reaksi  pasar.

Memahami   pelanggan Anda  termasuk  mengetahui  mereka  dari sisi: Geografi (tempat dimana mereka berada), usia, gender, status pernikahan, minat , pendapatan, psikografis ( yaitu bagaimana pelanggan memandang diri mereka sendiri?apa motif mereka?). Coba perhatikan, mungkin Anda pernah berbelanja di Internet melalui portal Amazon.com, yang kini menjadi portal paling laris, yang sejak awal dikenal sebagai portal penjualan buku di dunia maya yang terbesar di dunia. Meski yang dijualnya kini sudah sangat beragam, namun Amazon masih sangat dikenal sebagai tempat berbelanja buku yang sangat menarik minat banyak orang.

Suatu ketika, mungkin Anda berniat membeli buku dan Anda pun mengetikkan suatu keyword “judul buku, atau penulis buku”. Tak lama, keluarlah sederetan jenis buku-buku yang menjadi pilihan Anda, yang terkait dengan keyword yang Anda masukkan itu. Belum puas, Anda pun mengetikkan keyword yang lain, atau Anda meng”klik” judul buku lain yang ditampilkan di layar computer Anda, dan Anda pun menemukan lebih banyak judul buku lainnya. Di ketika lain, mungkin Anda mencari buku lainnya, namun buku-buku yang terkait dengan keyword yang pernah Anda masukkan sebelumnya, pada saat yang sama juga dimunculkan, sehingga Anda memiliki banyak pilihan dan lebih dari satu kelompok buku, apakah psikologi, politik, komputer, novel atau lain sebagainya.

Namun, apa yang sesungguhnya terjadi? Amazon sesungguhnya telah mendata dan menyimpan data itu secara lebih spesifik untuk Anda, yang berarti juga untuk pelanggan-pelanggan Amazon yang lain, yang tentunya sesuai dengan masing-masing pelanggan. Amazon begitu pintar untuk memberikan pelayanan yang lebih spesifik kepada para pelanggannya, termasuk Anda. Transaksi yang Anda lakukan, dari hari ke hari, akan semakin memberikan lebih banyak informasi kepada Amazon untuk mengetahui apa kebutuhan Anda, baik jenis maupun tema buku-buku yang Anda butuhkan, begitu juga, jika Anda mencari produk-produk lainnya di Amazon. Amazon telah mengetahui Anda, sebagai pelanggan, dengan baik, sehingga dia mampu melayani Anda dengan baik pula. Dari situ, juga akan diketahui cara pembayaran, apakah Anda menggunaka satu kartu kredit secara terus menerus atau berganti-ganti dari bank yang berbeda. Apa yang Anda beli, berapa jenis produk yang pernah Anda cari atau beli, itu semua akan memberikan catatan tersendiri, yang menggambarkan profil transaksi Anda. Kalau Anda menggunakan telepon seluler, misalnya, Anda pun sebenarnya bisa dilayani dengan lebih baik. Itu kalau operator yang menyediakan layanan komunikasi Anda mengetahui dengan baik siapa Anda dan apa kebiasaan dan kesuakaan Anda, yang itu semua dapat diketahui dari berbagai kegiatan transaksi yang Anda lakukan melalui ponsel Anda. Suatu ketika mungkin Anda berbelanja nada dering dengan jenis atau tema lagu-lagu tertentu. Di saat lain, mungkin Anda membeli image atau melakukan pembayaran rutin untuk suatu kegiatan yang Anda ikuti atau beli, atau ikut dalam SMS kuis dan masih banyak lagi transaksi lainnya yang mungkin sering Anda lakukan.

Upaya untuk mengetahui mengenai pelanggan Anda secara lebih baik, terutama pelanggan-pelanggan personal, yang umumnya untuk berbagai perusahaan jumlahnya sangat banyak, misalnya pelanggan layanan telekomunikasi, perbankan, ritel dan lainnya yang lebih bersifat ritel personal, memang bukan persoalan mudah. Namun, kini, dengan menggunakan solusi Information Technology (IT)Customer Management (CM) - perusahaan-perusahaan bisa mendapatkan berbagai informasi dan data secara lebih baik lagi. Namun, dengan diterapkannya solusi Customer Management (CM), operator dapat memahami lebih baik lagi para pelanggan mereka, dan bagaimana hal itu dapat mendorong peningkatan pelayanan, dan pada saat yang sama, meningkatkan pendapatan prerusahaan. Selain itu, juga memungkinkan melakukan kerjasama dengan berbagai mitra bisnis lainnya, misalnya pembuat konten.

Menurut Ash Khalek , Vice President, Communication, Media & Utilities, Oracle Asia Pacific , bahwa hari ini para pelanggan memiliki semakin banyak pilihan. Karenanya, perusahaan-perusahaan, misalnya telekomunikasi, perbankan maupun ritel, menghadapi tantangan bagaimana mereka dapat mengelola pelanggannya secara lebih baik lagi. Dalam persaingan untuk mempertahankan dan memelihara pelanggan itu, CM justru berfungsi sebagai strategic differentiator . Dari akuisisi pelanggan baru, mempertahankan dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan yang ada akan sangat tergantung pada interaksi berbagai faktor, baik internal maupun eksternal, sehingga preusan dituntut untuk menerapkan CM sebagai tools untuk mengatasi kompleksitas tersebut. Tantangan ini tak hanya dihadapi perusahaan-perusahaan telekomunikasi, melainkan bisa juga industri ritel, perbankan, otomotif maupun jasa-jasa keuangan dan lain sebagainya. Kalau dalam industri perbankan, bagaimana mengetahui pola-pola transkasi yang dilakukan pelanggan. Misalnya, kalau pelanggan menggunakan kartu kredit, maka apa saja yang selalu diberli dengan menggunakan kartu kreditnya, atau kalau makan di restoran, seringnya di restoran yang menyediakan masakan apa atau restoran apa dan di mana saja, baik di dalam maupun di luar negeri. Begitu juga dalam industri-industri lainnya, umumnya yang memiliki banyak pelanggan individual atau personal. Artinya, dengan solusi CM perusahaan secara proaktif melakukan upaya untuk mengetahui pelanggan dan sekaligus memahami kebutuhan pelanggan mereka secara lebih baik melalui apa yang disebut extended customer profile capture .

Dengan begitu, Anda juga berkesempatan memperoleh profil pelanggan yang ”the most valued customers”, tanpa mengabaikan pelanggan-pelanggan lainnya yang juga mengontribusi pendapatan bagi perusahaan Anda. Artinya, Anda semakin berkesempatan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan serta nilai pelanggan Anda. Anda pun berkesempatan untuk meningkatkan customer life time value . Yakni bagaimana mempertahankan pelanggan Anda dan tidak mudah bagi mereka untuk melompat ke kompetitor Anda. Selanjutnya, setelah mereka menjadi pelanggan yang loyal, nilai apa yang bisa ditingkatkan lebih baik lagi dari pelanggan Anda. Atau layanan-layanan apa yang dibutuhkan pelanggan Anda yang bisa ditingkatkan, yang pada akhirnya juga akan meningkatkan pendapatan perusahaan Anda.

Dengan kata lain, para pelanggan Anda akan memperoleh apa yang sesungguhnya mereka butuhkan dan sesuai pula dengan nilai mereka. Anda dan perusahaan Anda semakin mampu melihat pelanggan Anda dari sudut pandang 360 derajat, tidak hanya dari depan, melainkan juga dari samping kiri dan kanan, atau atas. Dengan begitu, Anda dan perusahaan Anda pun akan dapat menyediakan layanan yang sesuai nilainya bagi pelanggan Anda, sehingga Anda mampu mengoptimalkan pelanggan Anda, baik untuk kepentingan pelanggan dan perusahaan Anda. Karena pelanggan Anda, sesungguhnya adalah ”hidup” Anda dan perusahaan Anda!


No comments: