Laman

Welcome to my blog

Thank you for visiting my blog!! Give ur responses & ENJOY yourself!! :)



Friday, February 25, 2011

Berwaktu Teduh melalui Kecerdasan Majemuk

Hi all, malem - malem gini aku mau bagi sesuatu nih sama kalian..:D Khususnya buat temen - temen kristiani, semoga dapat membantu yah. Ini di kutip dari Renungan Harian edisi Februari 2011. So, masih sangat Fresh. Semoga dengan ini kamu dapat sesuatu yang buat kamu jadi tambah semangat & menambah pengetahuan kamu..:)

Setiap orang tentu rindu memiliki kehidupan waktu teduh yang hidup, yang sungguh - sungguh dapat dinikmati, yang tidak membosankan, yang memberi dampak terbesar bagi pertumbuhan rohani. Itu sebabnya orang terus mencari kreativitas untuk berwaktu teduh. Salah satu opsi kreativitas tersebut adalah dengan mengenali kecerdasan majemuk yang dimiliki setiap pribadi, dan berwaktu teduh dengan memanfaatkan kecerdasan tersebut. Orang yang menemukan kecerdasan majemuknya, cenderung mengalami kemajuan pesat apabila mengembangkannya.Demikian pula, berwaktu teduh melalui kecerdasan majemuk diharapkan memberi hasil maksimal.


Pada tahun 1989, psikolog asal Amerika bernama Howard Gardner mengidentifikasikan delapan jenih kecerdasan dalam Kecerdasan Majemuk. Semua kecerdasan ini sama berharganya, tak ada satu kecerdasan yang lebih tinggi dibandingkan yang lain.Dan masin - masing pribadi dapat memiliki sekitar tiga jenis kecerdasan.


Berikut adalah pernjabaran singkat tentang kecerdasan majemuk, dan bagaimana masing - masing dapat menolong kita untuk berwaktu teduh dengan cara terbaik.


1. Kecerdasan LINGUISTIK (Work Smart)
Seseorang yang cerdas bahasa sangat nyaman berkomunikasi, mengemukakan pendapat, mengurai pemikiran dan perasaan, melalui kata - kata. Sangat suka "bermain" dengan kata - kata, merangkai kata dan kalimat menuangkan ide dalam berbagai bentuk tulisan. Baginay akan sangat menguntungkan dan menyenangkan apabila dalam berwaktu teduh ia bisa memiliki buku catatan. Disitu ia dapat menceritakan ulang apa yang didapatnya dari bacaan Alkitab yang baru saja dibaca. atau menceritakan apa yang ia rasakan mengenai dirinya, bahkan apabila mendapat teguran. Atau menemukan dan menuliskan apa yang Tuhan ingin ia lakukan. Atau menulis surat bagi Yesus yang berisi curahan hati pribadi. Atau mencatat temuan tentang kata atau kalimat khusus di Alkitab yang berbicara bagunya. Atau menuliskan kesaksian atas pengalaman bersama tuhan.


2. Kecerdasan MUSIKAL (Music Smart)

Biasanya dtandai dnegan minat besar terhadap musik, penggubahan musik, bermain alat musik. Orang dengan kecerdasan ini selalu begitu menikmati saat - saat ia bersentuhan dengan musik. Maka waktu teduh bagi orang - orang ini tak pernah boleh sepi dari musik. Ia akan sangat mudah dibawa untuk merasakan hadirat Tuhan ketika tangannya memainkan alat musik atau mulutnya menyenandungkan musik. Setelah waktu teduh dilakukan, seseorang dapat mengubah ayat yang dibacanya menjadi sebuah lagu baru buatan sendiri, dengan melodi dan irama yang sesuai dengan perasaannya. Misalnya irama country, keroncong atau bahkan rap. Liriknya dapat berupa parafrase dari ayat Alkitab atau menggunakan versi Alkitab bahasa sehari-hari.


3. Kecerdasan Matematis (Logic Smart)
Seseorang selalu memikirkan segala detai data,angka, statistik, fakta yang berkaitan dengan segala informasi yang diterimanya.Lalu dnegan bantuan segala data tersebut ia berusaha menganalisis masalah yang dihadapinya. Berwaktu teduh baginya akan terasa menyenangkan apabila ia dapat menemukan segala detail yang berkaitan dengan bagian Alkitab yang dibacanya.Maka, konteks pembacaan Alkitab dan buku - buku penunjang pembacaan alkitab akan sangat membantunya.Ada baiknya orang - orang ini rajin mengumpulkan informasi (yang akurat dan mengandung kebenaran yang bertanggung jawab) melalui internet atau buku, mengenai data dan fakta penting dalam Alkitab.misalnya demi mengetahui dnegan jelas kepada siapa ayat - ayat bacaannya ditujukan dikota mana, bagaimana keadaannya, dsb.Atau ia dapat menghitung dengan pasti berapa besar bahtera yang mesti Nuh bangun, Bait Allah yang Salomo dirikan , hingga ia menyadari betapa besar tugas dan tanggung jawab yang Tuhan berikan kepada orang yang mau menaati-Nya.Segala analisis komplit atas bacaan dan perenungannya, akan menolongnya memahamo pesan Tuhan secara keseluruhan.



4. Kecerdasan Spasial (Picture Smart)

Diwakili dengan kemampuan lebih untuk membayangkan dan kemudian menggambarkan secara detail, akurat dan indah segala informasi yang diterimanya.Orang ini dikaruniai Tuhan bakat special untuk menuangkan pikiran dalam goresan dan karya tangan.Bisa berupa lukisan, patung atau kerajinan tangan lain.Tak salah kiranya apabila ketika berwaktu teduh ia menyediakan kertas gambar untuk melukiskan kejadian atau peristiwa dalam bacaan Alkitab yang direnungkannya.Dengan kejeliannya ia bahkan bisa melihat apa yang tidak dilihat orang lain, hingga bisa mendapat berkat lebih banyak.Jika tak ada peristiwa yang dapat digambarkan dari bacaan, ia dapat melukiskan perasaannya atau apa yang ia tangkap sebagai kehindah Allah baginya untuk ia lakukan.




5. Kecerdasan Kinestetik (Body Smart)

Memiliki kecerdasan kinestetik sangat baik mengendalikan gerakan, keseimbangan, koordinasi dan ketangkasan tubuh.Umumnya menyukai aktivitas fisik.Raha Daud memiliki kecerdasan kinestetik yang kuat dan ia banyak memanfaatkannya untuk menari bagi Tuhan.Orang yang cerdas kinestetik dapat menikmati waktu teduhnya lewat berkoreografi dengan iringan musik rohani sambil hati dan mulutnya menyenandungkan pujian rohani.Atau meninsiasi kegiatan olahraga lalu berwaktu teduh bersama sesudahnya.Konon orang dapat berpikir sangant jernih setelah berolahraga.




6.Kecerdasan Interpersonal (People Smart)

Ditandai dnegan kehangatan pribadi seseorang, sehingga mudah menjalin relasi dengan orang lain. Orang - orang dengan kecerdasa ini memiliki banyak teman dan menyukai komunitas atau kumpulan orang.Di antara pribadi - pribadi lain, ia bisa memberi dan mendapat masukan berharga dari yang lain. Jadi, penting bagi orang ini untuk berwaktu teduh bersama saudara seiman. Sebab ditengah kumpulan orang ia akan bersemangat untuk belajar .Melalui interaksi dgn yang lain misalkan salaing menceritakan pengalaman dan pendapat maka suasana belajar firman itu semakin hidup. apalagi jika diadakan diskusi..



7. Kecerdasan Intrapersonal (Self Smart)

Kecerdasan seseorang untuk berkomunikasi secara mendalam dengan diri sendiri. Ia dapat mengekplorasi jauh ke dalam diri dan berermin pada disri sendiri dengan jelas.Orang dengan kecerdasan ini cukup mencari tempat untuk menyendiri untuk merenungkan dalam - dalam apa yang Tuhan katakan secara pribadi baginya saat itu.Bahkan walau tak ada teman, tak ada musik atau tarian ia tetap menikmati kesendiriannya untuk berbincang dengan dirinya dan Tuhan.Tempat dan atau suasana sunyi adalah tempat favorit baginya utnuk berwaktu teduh.Hal yang dapat menolongnya adalah sebuah daftar pertanyaan refleksi atau rencana pribadi yang hendah digumulkan bersama Tuhan misalnya apa yang hendak dilakukan dalam jangka pendek atau panjang.



8. Kecerdasan Naturalis (Nature Smart)

Segala sesuatu yang alami adalah sahabatnya, sebaliknya segala kondisi bautan kurang mengena baginya.Orang ini selalu merasa dekat dengan ciptaan Tuhan.Hewan, tumbuhan, pemandangan alam adalah hal - hal yang dekat dengan kulitnya dan membuatnya nyaman.Orang ini akan mendapat banyak pencerahan apabila dapat berwaktu teduh ditengah alam.Ketika ia mengamati dedaunan, bebungaan, atau pepohonan yang begitu beragam bentuk dan keindahan.Apabila berwaktu teduh dialam tak memungkinkan carilah sesuatu yang dapat mewakili alam.Setiap hal alami yang dihadirkan dapat berbicara banyak tentang sifat - sifat Tuhan kita yang dahsyat.



Selamat menemukan kecerdasan majemuk anda dan selamat berwaktu teduh dengan lebih kaya!

Sumber: Agustina Wijayani --www.glorianet.org--







Nah itu dia temen - temen delapan kecerdasan majemuk yang kita miliki.Sekarang tinggal kita menentukan kita cocoknya yang seperti apa, dan inget yah gak ada kecerdasan yang lebih tinggi ataupun yang lebih rendah karena semuanya itu sama rata dan juga tiap - tiap orang punya lebih dari satu kecerdasan loh.So, klo kalian merasa jenuh ataupun kurang semangat dalam SATE kita bisa sama - sama coba pake cara kecerdasan majemuk diatas.Finally, yuk kita sama - sama rajin SATE biar tambah deket dengan Tuhan yang sangat sayang(mengasihi) kita.Aku juga mau tingkatin nih.Harus berjuang, soalnya suka bolong - bolong juga..T.T *menyedihkan yah?Haha..*Ayo SATE!!!Cayoooo!!


Sama - sama berjuang yah, Gbu all..=)

No comments: